SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Minggu, 30 Mei 2010

Deles indah




Deles Indah merupakan Obyek Wisata yang terletak di lereng kaki gunung Merapi sebelah timur ± 25 km dari Kota Klaten, Deles berada di Wilayah Desa Sidorejom Kecamatan Kemalang, dengan ketinggian antara 800 m – 1300 m diatas permukaan laut.
Deles mempunyai potensi spesifik suasana pemandangan alam pegunungan. Dari obyek wisata deles dapat dilihat pemandangan puncak Merapi dengan nyata, pemandangan kota Klaten yang dihiasi dengan cerobong Perusahaan Gula gondang Baru & perusahaan Ceper Baru dengan berselendangkan Rowo Jombor dengan Jajaran Gunung Kapurnya merupakan Panorama yang Indah.
Dari pengamatan keadaan yang ada dapat dikatakan bahwa Deles Indah dapat dicapai :
                        - Klaten / Gondang Kemalang Deles
                        - Boyolali Jatinom Kemalang Deles

Di sekitar Deles Indah ini dikenal pula beberapa peninggalan sejarah dan juga tempat rekreasi khusus antara lain :

1.Bekas Pesanggrahan Sunan Paku Buwono X
Menurut Cerita tahun ± 1938 Sunan Paku Buwono X bertapa / bersemedi di tempat tersebut dengan maksud memohon pada Tuhan agar letusan Gunung merapi tidak menembus kearah timur pesanggrahan. Pesanggrahan ini sekarang dinamakan pesanggrahan Gubernur Muchtar.

2.Makam Kyai Mloyopati
Sebagai tempat ziarah / nyepi yang ramai dikunjungi masyarakat Kemalang dan sekitarnya.

3.Sendang Kali Reno
Sendang Kali Reno mempunyai warna air yang berwarna warni

4.Taman Rekreasi Ngajaran
Taman ini terletak pada hutan akasia di sebelah barat dan utara Pesanggrahan Paku Buwono X dan juga terletak di sepanjang jalan menuju bukit Petung, taman ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi dan camping.

5.Taman Pemandangan Pring Cendani
Hutan pring cendani tumbuh subur meskipun kurang teratur, jalan setapak yang ada merupakan jalan menuju ke puncak gunung Merapi. Satu potensi spesifik dari bukit tersebut yaitu dominant ditumbuhi satu vegetasi bambu bambu pendek / pring cendani.
Gua sapuangin / Siluman Gua ini mempunyai kedalaman ± 8 m dan didalamnya terdapat beberapa gua yang terdapat di bawah bukit pring

2 komentar:

  1. Allah menciptakan bumi ini dg alam panoramanya sangat indah,deles yg sejuk satu diantaranya adalah sarana tempat wisata strategis dan belum terkontaminasi budaya luar, menurut saya pemerintah kota/pusat agar memberikan perhatian lebih demi nama deles menjadi wisata yg dikagumi juga sbg sumber inkam wilayah pemda setempat.

    BalasHapus