SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Kamis, 10 Juni 2010

Soal Pencalonan Mahfud Cs, KPK Nrimo Saja

Kamis, 10 Juni 2010 - 13:00 wib
text TEXT SIZE :  
Share
Okezone
Gedung KPK (Foto: Dok OKezone)
JAKARTA - Forum Rektor se-Indonesia mengajukkan sejumlah nama untuk menjadi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mereka yang diajukan di antaranya Mahfud MD, Busyro Muqoddas, Hikmahanto Juwana, dan Jimly Asshidiqie. Menanggapi pencalonan itu, Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto mengaku, tidak bermasalah dengan usungan Forum Rektor tersebut.

KPK, kata Bibit, menyerahkan sepenuhnya seleksi calon kepada Panitia Seleksi (Pansel) calon pengganti pimpinan KPK. "KPK tidak punya pandangan apa-apa. KPK hanya menerima sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Bibit kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/7/2010).

Seperti diketahui, pendaftaran calon pimpinan KPK yang dibuka sejak 23 Mei lalu didominasi kalangan advokat. Pansel mencatat beberapa advokat telah mendaftarkan diri. Mereka di antaranya Henry Yosodiningrat, Otto Cornelis Kaligis, Yusuf Asyid, Alamsyah Hanafiah, Bonaran Situmeang, Eggi Sujana, Pangihutan Nasution, Farhat Abbas, Alam P Simamora, dan Cacang S Murtado.

Panitia juga mencatat, sebanyak 355 orang telah mendatangi sekretariat Pansel. Sebagian besar dari mereka hanya menanyakan informasi seleksi calon pimpinan KPK dan hanya sebagian kecil yang menyerahkan berkas pendaftaran.

Selain kalangan advokat, sejumlah tokoh yang sudah mendaftar antara lain Mayjen (Purn) Kivlan Zein dan mantan Direktur II Ekonomi Khusus Bareskrim Mabes Polri Brigjen (Purn) Weni Warouw. Rencananya, pendaftaran akan dibuka hingga 14 Juni 2010.

Panitia seleksi sendiri akan mencari dua calon pimpinan KPK. Kedua calon itu nantinya akan dilaporkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diteruskan ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Setelah itu, DPR akan memilih satu orang untuk dilantik menjadi pimpinan KPK.(ram)
(mbs)

1 komentar: